@article{jurnalpenelitianfisikawan, author = {IRWAN SUSANTO}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA GAJAH MADA PADANG BULAN MEDAN}, journal = {JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN}, volume = {3}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Besaran Dan Pengukuran Siswa Kelas X Semester I SMA Swasta Gajah Mada Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Gajah Mada Padang Bulan Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 21 soal yang terdiri dari 5 pilihan ( a, b, c, d, e) yang terlebih dahulu diujicobakan terhadap siswa diluar sampel untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,888 dengan standar deviasi 9,933 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 34,127 dengan standar deviasi 10,543. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,859 dan ttabel = 2,002 karena thitung ttabel hal ini menunjukan, bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda lalu diadakan postes, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,364dengan standar deviasi 6,656 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,270 dengan standar deviasi 5,796. Hasil perhitungan uji t satu pihak untuk α = 0,05 dan dk 60 diperoleh thitung = 5,186 dan ttabel = 1,671. Karena thitung ttabel, Hal ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Besaran Dan Pengukuran Siswa Kelas X Semester I SMA Swasta Gajah Mada Padang Bulan Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.}, issn = {2655-738X}, pages = {1--7}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/447} }