@article{jurnalpenelitianfisikawan, author = {Lasmida Lubis and Bertina Malau and Irwan Susanto and Jelita Panjaitan}, title = { PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN KINEMASTER PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PARLILITAN TP 2022/2023}, journal = {JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN}, volume = {6}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengeruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan kinemaster pada pemahaman konsep fisika siswa pada materi pokok pengukuran kelas X semester I SMA Negeri 1 Parlilitan T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parlilitan dengan populasi 2 kelas yang berjumlah 50 orang meliputi kelas X-1 memakai model pembelajaran langsung dan X-2 memakai model pembelajaran inkuiri berbantuan kinemaster. berlandaskan hasil uji statistika didapat t hitung= 2,91 dan t tabel= 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05. Sebab t hitung> t table hal ini memperlihatkan bahwasanya ada dampak yang signifikan dengan memakai model Inkuiry learning berbantuan kinemaster pada pemahaman konsep siswa SMA.}, issn = {2655-738X}, pages = {48--60}, doi = {10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i2.3443}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/3443} }