@article{jurnalpenelitianfisikawan, author = {Asiroha Siboro and Lipur Zega and Andre Purba}, title = { PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA}, journal = {JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN}, volume = {5}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning berbasis LMS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas XI-2 terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model Blended Learning berbasis LMS dan kelas XI-1 terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction. Berdasarkan hasil uji statistika diperoleh thitung = 2,617 dan ttabel = 1,746 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena thitung > ttabel hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Blended Learning berbasis LMS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA}, issn = {2655-738X}, pages = {1--8}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1325} }