KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 20 MEDAN TAHUN 2023

  • Siti Fidia Perangin-Angin Universitas Darma Agung
  • Oknomsa Hulu Universitas Darma Agung
  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara komunikasi guru dan siswa dengan kinerja belajar siswa di Kelas XI SMA Negeri 20 Medan tahun ajaran 2023/2024. Jenis Riset ini yakni deskriptif korelasional. Populasi Riset ini yakni seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan yang berjumlah 169 siswa. Sampel Riset ini berjumlah 33 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga jumlah sampel dari populasi sebanyak 33 orang. Instrumen Riset ini berupa angket yang terdiri dari 30 item, 15 item untuk variabel X, 15 item untuk variabel Y, 13 item untuk variabel X yang valid, dan 12 item untuk variabel Y yang valid, dengan 4 pilihan. (a,b,c,d) terlebih dahulu diperiksa validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji analisis umum kebutuhan data Komunikasi antara guru dan siswa berdistribusi normal dengan menghitung X2hitung < X2tabel (11,16 < 47,40). Data normalitas aktivitas belajar siswa berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung < X2tabel (16,43 < 47,40). Hasil uji linier data komunikasi guru dan siswa Y = 40,190 + 0,039 X linier dengan persamaan yang diperoleh dengan berkonsultasi dengan Ftabel yakni sangat tinggi (54,5%) dan tinggi (48,4%) pada kelompok kinerja belajar siswa ( kamu). Hasil uji korelasi product moment diperoleh t > tt (5,59 > 1,69), sehingga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi guru dan siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan tahun 2023/2024.

Published
Dec 11, 2023
How to Cite
PERANGIN-ANGIN, Siti Fidia; HULU, Oknomsa; NABABAN, Rosma. KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 20 MEDAN TAHUN 2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 149 - 158, dec. 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3998>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i2.3998.
Section
Articles