@article{ppkn, author = {Minar Tobing}, title = { PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTU VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA DIINDONESIA KELAS XI-1 SMA MARDI LESTARI TAHUN AJARAN 2018/2019}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN}, volume = {1}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantu Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Materi Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Azasi Manusia di Indonesia kelas XI-1 SMA Mardi Lestari Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian dengan jenis tindakan menggunakan Siklus I sampai Siklus II. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang dengan teknik pengumpulan data melalui post tes dan free test. Hasil data penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong kategori kurang dengan persentase sebesar 31%, pada siklus II tergolong kategori cukup dengan persentase sebesar 72%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan Hak Azasi Manusia Tahun Pelajaran 2018-2019. Ketuntasan belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok menapaki jalan terjal penegakan Hak Azasi Manusia siswa kelas XI pada tes awal adalah 63%, hal ini tergolong kategori sangat rendah sedangkan siklus I tergolong ketuntasan belajar siswa sebesar 71%. Pada siklus II tergolong tinggi dengan ketuntasan belajar sebesar 62%. Setelah dilakukan perhitungan normalisasi bahwa hipotesis diterima karena uji hipotesis menunjukkan sebesar 0,70 dengan kategori tinggi}, issn = {2088-8376}, pages = {36--43}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/154} }