KARAKTERISTIK TRANSFORMATOR

  • Jhonson Siburian, Ir,.M.T Universitas Darma Agung

Abstract

Kegagalan isolasi peralatan sistem tenaga listrik akan menimbulkan kerugian yang besar, karena kegagalan ini mengakibatkan adanya pengeluaran uang untuk biaya penggantian peralatan yang rusak dan mengakibatkan penjualan energi terganggu.Oleh karena itu kualitas isolasi peralatan perlu diuji untuk menjamin bahwa peralatan dapat bekerja pada tegangan keadaan normal.Di samping itu, isolasi peralatan perlu diuji untuk melihat kemampuannya memikul tegangan lebih, sebab tegangan lebih dapat terjadi pada tegangan listrik karena terjadinya hubung singkat 1 phasa ke tanah, atau karena adanya sambaran petir pada komponen sistem maupun karena adanya proses hubung singkat pada rangkaian sistem.


Pengujian suatu peralatan sistem tenaga listrik tergantung pada kerja peralatan dan jenis tegangan lebih yang mungkin dipikul peralatan tersebut.Jenis tegangan yang mungkin diujikan dalam suatu peralatan adalah tegangan tinggi searah, tegangan tinggi bolak-balik atau tegangan impuls.Pada umunya peralatan sistem tenaga listrik diuji dengan tegangan tinggi bolak-balik dan impuls.Pengujian dengan tegangan tinggi searah dilakukan hanya pada peralatan yang mempunyai kapasitansi yang besar, misalnya kapasitor.

Published
Feb 25, 2019
How to Cite
SIBURIAN, Jhonson. KARAKTERISTIK TRANSFORMATOR. JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA: JURNAL TEKNIK ELEKTRO, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 21-28, feb. 2019. ISSN 2720-9784. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologienergi/article/view/121>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles