PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN BRI MOBILE TERHADAP KEPUAAN NASABAH PADA. PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk UNIT LINTONGNIHUTA

  • Friska Simanullang Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Ester Mawar Siagian
  • Herta Manurung

Abstract

Kualitas produk merupakan keadaan fisik, fungsi dan sifat produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai dengan nilai uang yang telah dikeluarkan. Kualitas layanan BRI Mobile adalah sebuah aktifitas yang diasosiasikan dengan elemen sesuatu yang abstrak, dimana didalamnya terjadi interaksi antara pelanggan dengan penyedia layanan tetapi tidak berakibat terhadap suatu kepemilikan. Kepuasan nasabah merupakan evaluasi pembeli dimana alternative yang dipilih sekurang-kurangnya sama atau ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan konsumen.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan BRI Mobile terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Lintongnihuta. Sampel dari penelitian ini adalah 98 orang. Adapun alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah Quesioner (Angket). Teknik analisa data yang dipergunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan analisa validitas dan realibitas instrument, uji asumsi klasik, uji determinasi, analisa regresi linier berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh rhitung untuk variabel Kualitas Produk (X1) dengan kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,676. Diperoleh rhitung untuk variabel kualitas layanan BRI Mobile (X2) dengan kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,272. R Square sebesar 0,478 atau sebesar 47,8%. Persamaan Regresi Linear berganda adalah sebagai berikut Y= 1.525 + 0,797 (X1) + 0,403(X2). Hasil pengujian thitung (8,576) > ttabel (1,986), dengan demikian hipotesis dapat diterima dimana terdapat pengaruh positif dan signifikan antara  kualitas produk dan kepuasan nasabah. Fhitung sebesar 43,480 sesuai dengan syarat pengujian bahwa Fhitung 43,480 > Ftabel 3,09 ini berarti kedua variabel tersebut, yaitu kualitas produk (X1) dan kualitas layanan BRI Mobile(X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Bank Rakyat Indonesia,Tbk Unit Lintongnihuta dengan demikian H1 dinyatakan diterima dan H0 ditolak.

Published
Jan 10, 2020
How to Cite
SIMANULLANG, Friska; SIAGIAN, Ester Mawar; MANURUNG, Herta. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN BRI MOBILE TERHADAP KEPUAAN NASABAH PADA. PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk UNIT LINTONGNIHUTA. JURNAL ILMIAH SOCIO SECRETUM, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 221-232, jan. 2020. ISSN 2720-9830. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socio/article/view/353>. Date accessed: 14 aug. 2020.
Section
Articles