TY - JOUR AU - Simanullang, Friska AU - Siagian, Ester Mawar AU - Manurung, Herta PY - 2020 TI - PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN BRI MOBILE TERHADAP KEPUAAN NASABAH PADA. PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk UNIT LINTONGNIHUTA JF - JURNAL ILMIAH SOCIO SECRETUM; Vol 11 No 2 (2022): DESEMBER KW - N2 - Kualitas produk merupakan keadaan fisik, fungsi dan sifat produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai dengan nilai uang yang telah dikeluarkan. Kualitas layanan BRI Mobile adalah sebuah aktifitas yang diasosiasikan dengan elemen sesuatu yang abstrak, dimana didalamnya terjadi interaksi antara pelanggan dengan penyedia layanan tetapi tidak berakibat terhadap suatu kepemilikan. Kepuasan nasabah merupakan evaluasi pembeli dimana alternative yang dipilih sekurang-kurangnya sama atau ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan konsumen.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan BRI Mobile terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Lintongnihuta. Sampel dari penelitian ini adalah 98 orang. Adapun alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah Quesioner (Angket). Teknik analisa data yang dipergunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan analisa validitas dan realibitas instrument, uji asumsi klasik, uji determinasi, analisa regresi linier berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh r hitung untuk variabel Kualitas Produk (X 1 ) dengan kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,676. Diperoleh r hitung untuk variabel kualitas layanan BRI Mobile (X 2 ) dengan kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,272. R Square sebesar 0,478 atau sebesar 47,8%. Persamaan Regresi Linear berganda adalah sebagai berikut Y= 1.525 + 0,797 (X 1 ) + 0,403(X 2 ). Hasil pengujian t hitung (8,576) > t tabe l (1,986), dengan demikian hipotesis dapat diterima dimana terdapat pengaruh positif dan signifikan antara  kualitas produk dan kepuasan nasabah. F hitung sebesar 43,480 sesuai dengan syarat pengujian bahwa F hitung 43,480 > F tabel 3,09 ini berarti kedua variabel tersebut, yaitu kualitas produk (X 1 ) dan kualitas layanan BRI Mobile(X 2 ) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Bank Rakyat Indonesia,Tbk Unit Lintongnihuta dengan demikian H 1 dinyatakan diterima dan H 0 ditolak. UR - http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socio/article/view/353