HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUAMI DAN ISTRI DALAM MENINGKATKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA BALOGIA KECAMATAN PULAU-PULAU BATU KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Fenni Khairifa Universitas Darma Agung

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan bentuk komunikasi yang terutama diatur oleh norma rasiaonal atau relation norm. Komunikasi antarpribadi biasanya terjadi dalam kelompok kecil. Kemesraan adalah keharmonisan, sedangkan keharmonisan  merupakan jalan menuju kebahagiaan. Dalam penelitian ini berjudul Hubungan Komunikasi Interpersonal Suami dan Istri Dalam Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga Di Desa Balegia Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal suami istri dalam meningkatkan keharmonisan rumah tangga dan juga untuk mengetahui bagaimana kurang harmonis komunikasi interpersonal suami istri di desa balegia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang dibagikan kepada responden sebanyak 55 kepala keluarga. Hasil penelitian ini bahwa hubungan komunikasi interpersonal suami istri dalam meningkatkan keharmonisan rumah tangga di desa balegia sangat sedang dimana komunikasi interpersonal sebesar 0,544 dan keharmonisan rumah tangga sebesar 0,544 dengan nilai signifikan 0,043.

Published
Jul 17, 2019
How to Cite
KHAIRIFA, Fenni. HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUAMI DAN ISTRI DALAM MENINGKATKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA BALOGIA KECAMATAN PULAU-PULAU BATU KABUPATEN NIAS SELATAN. SOCIAL OPINION, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-58, july 2019. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/242>. Date accessed: 22 sep. 2019.
Section
Articles