STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA PENGINAPAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PUNCAK SIOSAR KECAMATAN MEREK KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA

  • Emmelia A. Ginting Universitas Darma Agung
  • Elok Perwirawati Universitas Darma Agung
  • Veronika Manik Universitas Darma Agung
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4136

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pengelola penginapan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan serta mencari tahu hambatan pengelola penginapan dalam mengembangkan penginapan di wisata Puncak Siosar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat beberapa narasumber yaitu pengelola wisata Puncak Siosar, pengelola villa, dan wisatawan. Penelitian ini dilaksanakan di Penginapan Wisata Puncak Siosar yang beralamat di Nagara, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171. Hasil dari penelitian ini yaitu pengelola penginapan dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan meliputi empat kegiatan antara lain kegiatan Promotion adalah melalui media sosial berupa facebook, instagram, youtube, siaran televisi Trans 7, maupun dari sistem mulut ke mulut. Kegiatan kedua, Price berupa harga penginapan termasuk standard sesuai harga pasaran sekitar. Kegiatan ketiga, Place berupa tempat yang disediakan nyaman dan aman. Kegiatan keempat, Product berupa fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan lengkap serta kapasitas penginapan luas. Hambatan pengelola penginapan dalam mengembangkan penginapan di Puncak Siosar meliputi hambatan lingkungan yaitu kurangnya air bersih, air dibatasi dan hambatan fisik berupa sinyal internet yang dapat diakses menuju tempat penginapan ini tidak tersedia dalam semua kartu perdana internet.

Diterbitkan
Feb 26, 2024
##submission.howToCite##
GINTING, Emmelia A.; PERWIRAWATI, Elok; MANIK, Veronika. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA PENGINAPAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PUNCAK SIOSAR KECAMATAN MEREK KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA. JURNAL DARMA AGUNG, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 71-91, feb. 2024. ISSN 2654-3915. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4136>. Tanggal Akses: 20 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4136.
Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>