%A Manullang, Manahan %D 2019 %T HUBUNGAN AKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 PAGARAN T.A. 2017/2018 %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan supervisi kepala sekolah dengan kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018 sebanyak 40 orang dengan pengambilan sampel dilakukan secara total. Untuk menjaring data aktivitas supervisi kepala sekolah dilakukan melalui angket dan dari data diperoleh kategori aktivitas supervisi kepala sekolah pada kategori sangat rendah = 1 orang ( 2,5% ), kategori rendah = 4 orang (10%), kategori sedang = 15 orang (37,5%), kategori cukup tinggi = 16 orang (40%), kategori tinggi = 4 orang (10%), kategori sangat tinggi tidak ada ( 0% ) Maka dengan demikian tingkat kecenderungan pada aktivitas supervisi kepala sekolah (X) dikategorikan cukup tinggi. Dari data uji tingkat kecenderungan pada kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018 pada kategori sangat rendah tidak ada (0%), kategori rendah = 9 orang (22,5 %) , kategori sedang = 9 orang (22,5%), kategori cukup tinggi = 12 orang (30%), kategori tinggi = 10 orang (25%), kategori sangat tinggi tidak ada (0%). diperoleh kategori cukup tinggi. Hasil uji persyaratan normalitas data hasil aktivitas supervisi kepala sewkolah berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2 hitung < X2 tabel ( 2,172 < 55,8 ). Hasil uji persyaratan analisis linieritas data hasil kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018 , Y= 22,049 + 0,616. Dari hasil di atas dapat dilihat pada kolom tabel distribusi kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk supervisi kepala sekolah (X) sebesar 0,573. Karena signifikansi untuk seluruh variabel lebih besar dari 0,431. Berdasarkan hasil nalisa dapat nilai koefisien korelasi ‚rxy‛ = 0,580, rhitung > rtabel atau 0,580 > 0,312. Maka hipotesa yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018 dapat dioterima %U http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/175 %J JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS %0 Journal Article %P 53-60 %V 1 %N 1 %@ 2686-5459 %8 2019-05-16