PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA MANGAN MOLIH KECAMATAN TANAH PINEM KABUPATEN DAIRI

  • Hastra Aminoto Laia Universitas Darma Agung
  • Andi Randhika Perangin-Angin Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Pemerintah Desa dalam membangkitkan semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pembangunan Infrastruktur di desa Mangan Molih Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan cara wawancara, dokumentasi dan observasi dalam mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan kualitatif bersifat induktif.  Hasil penelitian menunjukkan Peranan Pemerintah dalam membangkitkan semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa dapat disimpulkan bahwa telah berjalan dengan baik yang secara procedural dan petunjuk pelaksanaan pembangunan, Pemerinah Desa telah melaksanakan perannya menggandeng LKD terutama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) guna melaksanakan pembangunan Infrastruktur dengan berkonsultasi dengan pengelola kegiatan di desa guna melaksanakan pembangunan oleh Masyarakat Desa sebagaimana terpampang di papan pengumuman Desa sesuai keahlian masing-masing dan melibatkan masyarakat pada setiap pembangunan infrastruktur di desa Mangan Molih. Langkah yang dilakukan Pemerintah Desa Mangan Molih adalah  dengan memberikan kewenangan kepada Dusun untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing-masing Dusun dan memberikan motivasi bagi masyarakat untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan yang akan dan dilaksanakan oleh pemerintah Desa.

Published
Oct 15, 2020
How to Cite
LAIA, Hastra Aminoto; PERANGIN-ANGIN, Andi Randhika. PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA MANGAN MOLIH KECAMATAN TANAH PINEM KABUPATEN DAIRI. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 100-107, oct. 2020. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/852>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles