PELAYANAN PEMBERANGKATAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Fanotona Laia Universitas Darma Agung
  • Dermanjaya Laia

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya Pelayanan Pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Provinsi Sumatera Utaradi Kota Medan yang belum berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan teori Menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menunjukkan bahwa DISNAKERTRANS Provinsi Sumatera Utara masih minimnya sumber informasi dan kegiatan sosialisasi mengenai prosedur dan mekanisme informasi untuk tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri serta masih kurangnya pengawasan atau monitoring ke PPTKIS yang ada di Kota Medan secara berkesinambungan. Kesimpulan yaitu pelayanan pemberangkatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara terkhusus di Kota Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara belum optimal, yang berdampak pada rendahnya pelayanan yang didapatkan oleh tenaga kerja Indonesia. Saran yaitu perlunya peran aktif dari instansi terkait dalam pemberian informasi kepada calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri atau mengadakan penyuluhan, melakukan pengawasan secara menyeluruh ke pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesiaswasta.

Published
Feb 1, 2021
How to Cite
LAIA, Fanotona; LAIA, Dermanjaya. PELAYANAN PEMBERANGKATAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 84-90, feb. 2021. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/850>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles