PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DESA LOLOWONU NIKO’OTANO KECAMATAN GUNUNGSITOLI

  • Epianu Halawa Universitas Darma Agung
  • Fransiskus Pascal Bali Universitas Darma Agung

Abstract

Keberhasilan suatu program tanpa adanya partisipasi masyarakat tidak akan berjalan dengan baik tanpa keikutsertaan masyarakat akan sangat dibutuhkan dalam perencanaan atau program, agar program berjalan dengan semestinya. Partisipasi adalah keterlibatan masyarakat dalam mendorong percepatan pembangunan. Peran masyarakat Desa Lolowonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli dalam pembangunan sekarang ini bukan hanya sebagai objek saja, tetapi juga sebagai subjek dari pembangunan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan pembangunan desa di DesaLolowonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan pembangunan desa di DesaLolowonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pemerintah Desa dengan mengikutsertakan masyarakat desa dalam bermusyawarah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa di DesaLolowonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli, terdapat beberapa tahapan pembangunan, yaitu: (1) Perencanaan (2) Pengambilan Keputusan (3) Pelaksanaan (4) Evaluasi, serta (5) Pemanfaatan Hasil Pembangunan.

Published
Oct 15, 2020
How to Cite
HALAWA, Epianu; BALI, Fransiskus Pascal. PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DESA LOLOWONU NIKO’OTANO KECAMATAN GUNUNGSITOLI. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 76-83, oct. 2020. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/849>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles