PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA NAMO RAMBE

  • Faisal Eriza Universitas Darma Agung
  • Roland Haris Saragih

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berperan sebagai kekuatan strategis dan memiliki posisi  penting, bukan saja dalam penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat di  daerah, dalam banyak hal mereka menjadi perekat dan menstabilkan masalah kesenjangan sosial. Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kelenturan menghadapi badai krisis, hal ini antara lain disebabkan oleh  tingginya  krisis pada faktor-faktor produksi industri, baik pada penggunaan bahan baku maupun tarap. Selain itu, usaha mereka pada umumnya berbasis pada kebutuhan masyarakat luas dan memiliki keunggulan komparatif. Berbagai peran strategis dimiliki sektor usaha kecil menengah, namun sektor ini juga dihadapkan berbagai permasalahan. Kendala dan permasalahan antara lain dari aspek permodalan, kemampuan manajemen usaha, dan kualitas sumberdaya manusia pengelolanya. Kendala dan permasalahan usaha kecil dan informal lainnya juga disebabkan karena sulitnya akses terhadap informasi dan sumberdaya produktif seperti modal dan teknologi, yang berakibat menjadi terbatasnya kemampuan usaha kecil untuk berkembang.

Published
Jul 17, 2019
How to Cite
ERIZA, Faisal; SARAGIH, Roland Haris. PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA NAMO RAMBE. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-39, july 2019. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/249>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles