HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Rosmini Tarigan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan  konsentrasi belajar  dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis  penelitian ini adalah   “  ada  hubungan yang signifikan antar a konsentrasi belajar   dengan prestasi belajar siswa.  Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA  Swasta GKPI  Padang Bulan Medan yang terdiri 2  kelas berjumlah 62 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel total . Untuk menjaring data variabel  konsentrasi belajar (X) penulis menggunakan  angket  dan untuk  variabel prestasi belajar (Y) penulis menggunakan Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Sebelum uji korelasi dilakukan terlebih dahulu diadakan uji normalitas dan uji linieritas persyaratan anlisis . Hasil persayaratan analisis normalitas data konsentrasi belajar mengajar berdistribusi normal. Dengan hasil perhitungan X²hitung > X²tabel  (10,371< 11,07). Data normalitas  prestasi belajar Pkn siswa kelas XI  SMA GKPI Padang  Bulan Tahun Ajaran 2020/2021 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan Y²hitung  < Y²tabel (9,749 < 11,07). Hasil persayaratan analisis uji lineritas data  konsentrasi belajar dan prestasi belajar Pkn siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan  Medan Tahun Ajaran 2020/2021. 825,66 adalah linier  dengan persamaan Y = 53,94 + 0,342 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh  Fhitung > F tabel (68,2 > 4.10).   Untuk menggunakan ada tidaknya hubungan yang signifikan  antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar Pkn siswa kelas XI di SMA GKPI Padang  Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021, maka  penulis melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan  hasil analisis diperoleh  nilaia koefisien adalah r hitung = 8,215 lalu dikonsultasikan  terhadap nilai r tabel  untuk taraf signifikan 0,05 dengan  jumlah  N = 35  yaitu 0,312 . Maka  diketahui bahwa  r hitung > r tabel (8,215 > 0,312 ). Untuk  menguji taraf signifikan korelasi digunakan dengan uji “t” pada   taraf signifikan 0,05 dengan  perhitungan  t hitung > t tabel (0,709 >168). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan  Konsentrasi Belajar dengan Prestasi  belajar Pkn  Siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan  Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Swasta Bahagia Medan Tahun Ajaran 2020

Published
Jul 1, 2021
How to Cite
TARIGAN, Rosmini. HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 22-26, july 2021. ISSN 2088-8376. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1039>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles