TY - JOUR AU - Tampubolon, Rameyanti PY - 2019 TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA JF - JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN; Vol 1 No 1 (2018): DESEMBER KW - N2 - Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Penelitian berjenis quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel berjenis total populasi kelas X, yaitu kelas eksperimen diambil kelas X1  dan kelas kontrol yaitu X2 , masing-masing 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan Essay tes sebanyak 10 butir telah diuji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Selanjutnya diberi perlakuan dan diperoleh hasil perhitungan uji t satu pihak dengan bantuan SPSS 20 dengan nilai sig. (0,001 < 0,05)pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model PAKEM terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada Besaran dan Pengukuran di kelas X semester I SMA Swasta Santo Paulus  Martubung T.A.2017/2018 UR - http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/153