%A Ginting, Sanhedrin %D 2019 %T HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PKn DENGAN SIKAP DEMOKRATIS PESERTA DIDIK DI KELAS XII SEMESTER GANJIL SMK GOTONG ROYONG KUALA KABUPATEN LANGKAT T.P 2017/2018 %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan Kompetensi Kepribadian Guru PKn Dengan Sikap Demokratis Peserta Didik Di Kelas XII Semester Ganjil SMK Gotong Royong Kuala Kabupaten Langkat T.P 2017 / 2018. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 122 orang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XII 1 = 40, kelasXII  2 = 40, kelas XII 3 = 42, sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sebanyak 25% dari setiap kelas yaitu berjumlah 30 orang (25% dari 122). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket berjumlah 25 item yang terdiri dari 4 option yaitu a,b,c,dan d yang sebelumnya telah di ujicobakan ke kelas yang berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji persyaratan analisis uji normalitas data kompetensi kepribadian guru pkn dengan perhitungan X² hitung < X² tabel (34,99 < 43,77) pada taraf signifikan 5%. Uji normalitas data sikap demokratis peserta didik kelas XII SMK Gotong Royong Kuala Kabupaten Langkat T.P 2017 / 2018 berdistribusi normal dengan perhitungan bahwa X² hitung < X² tabel (15,36 < 43,77) pada taraf signifikan 5%. Hasil uji persyaratan analisis uji linieritas data kompetensi kepribadian guru pkn dengan sikap demokratis peserta didik adalah linier dengan persamaan Y = 36,8+0,10 dengan mengkonsultasikan f hitung maka f hitung > f tabel (28,01 > 4,20). Hasil uji kecenderungan tentang kompetensi kepribadian guru pkn adalah kategori sangat baik (53,33%), dan sikap demokratis peserta didik adalah kategori sangat baik (50%). Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh r hitung = 0,968 dengan menkonsultasikan terhadap nilai r tabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 30 orang, diperoleh r tabel = 0,361 karena r hitung > r tabel (0,968 > 0,361) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru pkn dengan sikap demokratis peserta didik. Untuk menguji taraf signifikan hubungan kedua variabel tersebut dilanjutkan dengan uji “t”. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga t hitung = 20,48 dan t tabel = 1,70 pada taraf signifikan 5% n=30 karena t hitung > t tabel (20,48 > 1,70) hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru pkn dengan sikap demokratis peserta didik di kelas XII SMK Gotong Royong Kuala Kabupaten Langkat T.P 2017 / 2018 dapat diterima kebenarannya. %U http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/150 %J JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN %0 Journal Article %P 10-15 %V 1 %N 1 %@ 2088-8376 %8 2019-04-05